Pengalaman Membeli Diamond Mobile Legends di Itemku



Hai! Selamat datang di blog pribadi saya. ☺️ Kali ini, saya mau berbagi pengalaman tentang membeli diamond mobile legends di situs itemku. Sebelumnya, saya sudah menulis kekurangan dan kelebihan situs itemku menurut pengalaman dan pendapat pribadi baik sebagai penjual maupun pembeli. Tapi, saya ingin membahas tentang membeli diamond mobile legends.

Saya membeli melalui website itemku dan bukan dari aplikasinya. Ada banyak penjual di situs ini yang membuka toko/lapak. Bisa gunakan filter pencarian harga termurah, harga termahal, pengiriman cepat, dan bahkan penjual terbaik. Jadi, bisa kok dipilih sesui dengan keinginan kamu. 

Ada garansi 10 menit kirim, jadi harganya mahal atau sama dengan penjual resmi dan pengiriman cepat. Tapi, ada penjual yang tidak ada jaminan/garansi cepat kirim. Kalau soal harga, menurut saya tidak semua murah. Jadi, ada beberapa nominal murah dan banyak yang standar atau sama harganya dengan toko lain. 


METODE PEMBAYARAN
Untuk metode pembayaran bisa bayar tunai di gerai Indomaret/Alfamart, Kantor Pos, atau Pegadaian terdekat. Bisa juga bayar dengan saldo Pulsa, OVO, DANA, LinkAja. Bisa juga bayar dengan transfer rekening bank, atau dengan Dana Dompetku. 

Dompetku adalah fitur dompet dari itemku. Sayangnya, top up dompetku sama saja dengan biaya pembayaran transaksi di gerai Indomaret/Alfamart. Jadi, kalau mau top up Dompetku malah harus bilang bayar 'itemku' ke kasir dan bayar dengan biaya yang sama. Selain itu bisa juga dengan transfer bank, tapi bukan hal bagus untuk kamu yang tidak punya rekening bank. 

Jika kamu melakukan pembayaran dengan Dompetku, konfirmasi dengan penjual akan dilakukan secara real-time (saat itu juga) dan dapat mempercepat proses transaksi. Kamu juga bisa menggunakan dana Dompetku untuk berbelanja banyak barang dengan satu kali bayar. πŸ™„ 

Hanya saja saldo Dompetku bisa di transfer ke rekening bank kamu dalam beberapa hari. Kamu perlu verifikasi rekening bank dalam 1-2 hari dan ada biaya administrasi bank saat transfer dana dari Dompetku ke rekening bank kamu. Intinya rempong dan gak bisa cepat deh. πŸ˜’ Gw mualas top up Dompetku karena saldo hanya bisa digunakan di situs itemku. 





Setelah pembayaran berhasil, status pesanan kamu akan berubah menjadi 'dibayar'. Kamu bisa mengirim pesan ke penjual agar pesanan bisa segera diproses. Untuk mengubungi penjual, gunakanlah fitur pesan itemku. Klik tombol 'Kirim Pesanyang terletak di bawah nama toko untuk mengirim pesan.

Bagaimana jika penjual tidak membalas pesan? 
Ada banyak penjual yang tidak mau membaca dan bahkan tidak pernah membalas pesan pembeli (contoh: Atifa Shop, Daily Shop). Saya sudah menjelaskan di posting sebelumnya mengapa penjual tidak/lambat membalas pesan dari pembeli. Ada penjual yang tetap proses pesanan meskipun pesan dari pembeli tidak pernah/lama dibalas/dijawab.

Bagaimana jika pesanan saya tidak diproses dan bahkan dikirim oleh penjual? 
Ada penjual yang seperti ini. Kemungkinan toko tutup, penjual sibuk, stok habis, harga berubah, atau kebanyakan pesanan dan akhirnya tidak bisa proses pesanan kamu. Ada juga penjual yang tidak mau proses karena kamu pernah memberi ulasan/rating tidak sesuai harapan si penjual. πŸ˜‘πŸ™„ Mungkin dia tidak butuh duit, jadi begitu lah. Setiap manusia berbeda-beda, jadi maklum saja kalau ada penjual seperti ini. 

Penjual memiliki waktu hingga maksimal 3 hari untuk mengirimkan pesanan kamu. Hanya saja, jika pengiriman tidak dilakukan dalam rentang waktu yang telah ditentukan, sistem akan mengubah status transaksi menjadi Pengembalian Dana. Dana dikembalikan dalam bentuk saldo Dompetku. πŸ˜‘


Bagaimana jika penjual membatalkan pesanan? 
Jika penjual melakukan pembatalan, sistem akan mengubah status transaksi kamu menjadi 'Pengembalian Dana'. Selanjutnya, pihak itemku akan melakukan pengecekan pada transaksi terkait. Proses ini akan memakan waktu maksimal 1 hari kerja. 😐 Setelah semua proses selesai, dana yang sudah kamu transfer akan dikembalikan melalui Dompetku. 


Bagaimana cara membatalkan pesanan dan mengembalikan dana? 
Jika pesanan kamu tidak diproses/belum dikirim oleh penjual bahkan kamu sudah mencoba mengirim pesan dan tidak ada respon dari penjual, kamu bisa mengirim pesan ke pihak itemku untuk meminta pembatalan transaksi. Kamu bisa menghubungi pihak itemku dengan menulis form yang ada di situs itemku dan jelaskan kendala yang kamu alami. Tunggu balasan dari pihak itemku melalui email yang kamu tulis di form tersebut. 

Pembeli dapat membatalkan transaksi yang sudah dibayar setelah 1 x 24 jam dan sebelum penjual mengirim virtual item yang dipesan tersebut. Jadi, kamu tetap tidak bisa membatalkan transaksi meskipun kamu sebagai pembeli meminta pembatalan transaksi karena belum sampai 24 jam setelah pembayaran. πŸ™„




Jika terdapat biaya layanan tambahan (contoh: biaya layanan Indomaret) maka biaya tersebut akan dilimpahkan ke pembeli. Misalkan saya membeli diamond dengan total pembayaran Rp 116.500, maka dana yang dikembalikan hanya Rp 110.000 saja dan biaya layanan Rp 6.500 tidak bisa dikembalikan oleh pihak itemku. 







Jika ada transaksi gagal, maka dana pembeli yang digunakan untuk bertransaksi akan otomatis masuk kedalam Dompetku pengguna dan dapat digunakan untuk berbelanja kembali atau dicairkan ke rekening pembeli yang bersangkutan. Pengembalian dana otomatis hanya berlaku jika penjual tidak mengirim virtual item atau akun dalam 3 hari dari pembayaran yang telah dibayar oleh pembeli, maka dana akan dikembalikan secara otomatis ke dalam dompetku pembeli.

Jadi, dalam hal pembatalan transaksi dan pengembalian dana yang paling dirugikan adalah pembeli (menurut saya). πŸ˜” Saya harus berpikir ribuan kali jika mau membeli di situs ini karena banyak penjual yang bikin pusing kepala. Pokoknya ribet deh ya. Kalau mau pasti-pasti aja dan bebas rempong, lebih baik top up langsung di penjual resmi seperti Codashop dan Unipin. 

Sayang sekali, saya tidak bisa blokir akun di situs itemku agar tidak menerima pesan. 😐 Selain itu, susah juga ganti nomor hp dan rekening bank. Mau ganti username/nama profil, nama toko, dan email gak gampang. πŸ˜‘ Pokoknya rempong ya bos. Banyak syarat dan gak semudah itu gantinya.